Thursday, February 25, 2016

Penjelasan Makan Sehat Dan Bergizi

Makanan sehat ialah yang memiliki tiga kegunaan yakni berperan untuk zat pembangun, kedua berperan sebagai zat pengatur dan ketiga berperan sebagai zat tenaga. Makanan serta minuman sehat biasa dipanggil Empat Sehat Lima Sempurna di Indonesia.
Kategori makanan sehat

Tubuh membutuhkan makanan untuk bertahan hidup dan makanan pokok yang setiap hari kita konsumsi terdiri dari beberapa jenis, seperti nasi, jagung, kentang, gandum, oatmeal, umbi-umbian dan masih banyak lagi. Untuk teman karbohidrat, Anda bisa mengkonsumsi lauk pauk yang kaya akan protein, seperti tempe, tahu, daging, telur, ikan dan lain sebagainya.
Agar pencernaan lancar, Anda membutuhkan sayur mayur yang kaya akan serat dan antioksidan, seperti sayur kangkung, sayur bayam, terong dan masih banyak lagi. Lengkapi dengan makanan pencuci mulut, yaitu buah apel, buah markisa dan juga susu.

Contoh Makanan Tidak Sehat

Kategori makanan tidak sehat
Banyak sekali makanan yang termasuk dalam contoh makanan tidak sehat, mengapa bisa sampai disebut sebagai makanan tidak sehat? karena makanan itu tidak memiliki fungsi yang baik untuk tubuh melainkan bisa merusak tubuh secara perlahan-lahan, beberapa makanan yang diolah dengan cara tidak benar bisa menjadi makanan yang tidak sehat.
Makanan yang tidak sehat adalah makanan yang diolah dari bahan makanan yang tidak sehat atau sudah basi, makanan yang diolah dengan bumbu yang tidak sehat, memakai minyak goreng jelantah yang tidak sehat untuk menggoreng dan memakai pewarna pakaian untuk mewarnai makanan. Banyak sekalli contoh makanan yang tidak sehat, seperti makanan pinggir jalan yang kurang bersih dan belum tentu sehat dan makanan cepat saji.
Sedangkan contoh makanan sehat dan bergizi bisa kita lihat di rumah. Rumah adalah tempat terbaik yang menjanjikan keamanan dan kenyamanan. Anda bisa membuat makanan sehat sendiri di rumah yang semua bahannya disiapkan berdasarkan kebutuhan Anda.
Pengertian makanan sehat dan bergizi
Makanan sehat dan memiliki nilai gizi akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat, berbeda bila kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak bergizi, justru tubuh akan menjadi sakit dan mudah lelah.
Pengertian makanan sehat perlu dikaji lagi dengan lebih banyak, sehingga masyarakat bisa benar-benar memahami, pengertian dari makanan yang sehat dan makanan yang tidak sehat berikut dengan masing-masing contohnya. Makanan yang sehat dan bergizi akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik, memperpanjang usia dan membuat kita selalu terlihat segar.

0 comments:

Post a Comment