Monday, March 7, 2016

Fenomena Peristiwa Langka Gerhana Matahari

Gerhana Matahari akan terjadi tepat pada tanggal 09 Maret 2016. Fenomena alam ini terjadi langka sekali dan sangat teristimewa karena terjadi di Indonesia. Suasana pagi akan mirip dengan malam, lebih tepatnya senja, jika cuaca mendukung alias tidak tertutup mendung.
Gerhana Matahari yang terjadi nanti merupakan yang pertama di abad ke 21 ini. Sedangkan gerhana matahari total selanjutnya akan terjadi di wilayah Indonesia pada 20 April 2023. Fenomena alam ini kemungkinan berlangsung sekitar 2-3 jam.


Penjelasan Apa Itu Gerhana Matahari?

Gerhana matahari merupakan peristiwa di mana posisi Bulan, Matahari dan Bumi sejajar dan berada pada garis lurus. Saat itu Bulan akan melintas diantara Matahari dan Bumi, untuk beberapa waktu cahaya Matahari ke Bumi akan terhalang bayangan Bulan. Ketika fase total itu terjadi bulan menutupi Matahari, akan tampak corona Matahari akan tampak seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi Bulan.

Dimana Saja Kita Bisa Melihat Gerhana Matahari?

Gerhana matahari Total pada 9 Maret mendatang akan terjadi di Samudra Hindia dan berakhir di Lautan Pasifik dekat dengan Hawaii AS. Indonesia merupakan satu-satunya negara yang dapat menikmati gerhana Matahari Total di wilayah daratan.
Di Indonesia gerhana matahari Total akan melintasi 12 provinsi; mulai dari Sumatera Barat (Pulau Pagai Selatan), Sumatra Selatan (Palembang), Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung (Tanjung Pandan), Kalimantan Tengah ( Palangkaraya ), Kalimantan Timur (Balikpapan), Kalimantan Barat , Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah (Palu, Poso, Luwu), Maluku Utara (Ternate dan Maba). Tetapi jalur totalitas gerhana tidak melalui semua kota di provinsi.
Bagi Anda di luar wilayah tersebut dapat menikmati gerhana Matahari meski tidak total yaitu Medan (77,6%), Denpasar (76.44%), Makassar (88,54%), Jayapura (73.79%). Sementara untuk Anda di Jakarta dan pulau Jawa akan menyaksikan gerhana matahari sekitar 50-60 persen.

1 comment: